Teknik Grafika

photo prodi TG

Visi

Menjadi program studi yang unggul dan profesional di bidang teknik Grafika.

Misi

  1. Menyiapkan SDM kreatif dan profesional di bidang teknik grafika
  2. Melaksanakan program pendidikan dan pelatihan teknik grafika berbasis Kompetensi produksi dan kewirausahaan.
  3. Membentuk kewirausahaan profesial, kreatif dan mandiri di bidang Teknik Grafika.

Ikhtiar

Program studi Teknik Grafika dirancang secara khusus untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian dan keterampilan di bidang teknik mencetak yang mencakup pracetak, produksi cetak, dan pascacetak, serta memiliki kemampuan untuk berwirausaha di bidang industri kreatif. Program ini sangat sesuai bagi calon mahasiswa yang ingin meniti karir di bidang industri grafika.

Program studi Teknik Grafika didukung dengan fasilitas praktik produksi yang lengkap mulai dari mesin konvensional sampai dengan mesin cetak digital, laboraturium pengujian bahan grafika, simulator cetak, mesin cetak offset dua warna dan empat warna, mesin web offset, dan lain-lain.

Dengan dukungan tenaga pengajar yang amat berpengalaman di bidangnya serta penerapan kurikulum berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan, maka program studi Teknik Grafika diyakini mampu menghasilkan llusan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri kegrafikaan pada masa yang akan datang.

Kompetensi Lulusan

  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan teknologi pracetak, produksi cetak, dan pasca-cetak dalam proses produksi barang cetakan hitam putih hingga full colour.
  • Mampu merencanakan dan mengelola wirausaha industri kreatif bidang grafika.

Profil Lulusan

Sebagai ahli mahdya Teknik Grafika yang menguasai bidang pracetak, produksi cetak, pascacetak, pemasaran, dan bisnis wirausaha bidang grafika.

Prospek Karir

Lulusan program studi Teknik Grafika dapat berkarir sebagai:

  1. Penyelia Pracetak
  2. Penyelia produksi cetak
  3. Penyelia pascacetak
  4. Tenaga pemasaran
  5. Wirausahawan

Materi Kuliah

Mahasiswa akan memperoleh mata kuliah inti yang relevan dengan berbagai keterampilan Teknik cetak dan Kewirausahawan, anatara lain: Pengantar ilmu Grafika, Pengetahuan Warna, Teknik Cetak, Aplikasi Komputer, Ilmu Bahan Grafika, Estimasi Biaya, Manajemen Warna, Pracetak, Entrepreneurship, Manajemen Produksi, Strategi Pemasaran, Digital Printing, Pengawasan Mutu, Praktik Industri, dan Tugas Akhir.

Peluang Kerja

Peluang kerja lulusan program studi Teknik Grafika, antara lain di:

  1. Industri Percetakan
  2. Industri Penerbitan
  3. Industri Tekstil
  4. Industri Kemasan
  5. Industri Kertas
  6. Supplier mesin cetak, dan bahan Kegrafikaan

Proses Pembelajaran

Dengan dukungan peralatan yang lengkap mulai dari pracetak, cetak dan pascacetak, mahasiswa belajar selama enam semester. Pada semester I dan II, mahasiswa mendapat teori-teori dan latihan dasar cetak serta orientasi industri. Semester III dan IV mahasiswa dapat latihan cetak warna dan digital, manajemen cetak dan Magang Industri. Semester V dan VI mahasiswa mendapat latihan di industri percetakan dan kewirausahaan, serta membuat tugas akhir.

Sistem Pembelajaran dirancang dengan melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dan para dosen dari kalangan praktisi industri percetakan baik buku, majalah, surat kabar maupun pelaku usaha.