Sejarah

Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Medan awalnya adalah Balai Pelatihan Teknologi Grafika (BPTG) Medan. BPTG Medan dibentuk berdasarkan SK Mendikbud No. 026/0/1995 Tanggal 9 Maret 1995 dan persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. B-0205/I/1995 tanggal 6 Februari 1995 dengan nama Balai Pelatihan Teknologi Grafika (BPTG) Medan. Peresmian penggunaan lembaga Balai Grafika sekaligus pelantikan Kepala Balai Pelatihan Teknologi Grafika Medan dan Makassar yang pertama oleh Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Sekjen Depdikbud) Prof. DR. Hasan Walinono dilaksanakan di Medan pada tanggal 7 September 1995.

Selanjutnya mengingat luas wilayah dan beban kerja Balai yang berhubungan dengan instansi pemerintah dan swata maka berdasarkan SK Mentri Pendididkan Nasional No.127/0/2004 tanggal 13 Oktober 2004 nama Balai Pelatihan Teknologi Grafika Medan diubah menjadi Balai Grafika Medan.

Pada tahun 2008 Pusat Grafika Indonesia sebagai induk dari Balai Grafika Medan direvitalisasi menjadi Politeknik Negeri Media Kreatif (PNMK) Jakarta. Selanjutnya Balai Grafika Medan  dilimpahkan ke Pusat Perbukuan (Pusbuk) Jakarta sebagai lembaga pembinanya, yang berada di bawah Sekretariat Jenderal  Kementerian Pendidikan Nasional.

Sejalan dengan adanya reformasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Pusbuk dilebur menjadi Pusat Kurikulum dan Perbukuan di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud. Dengan perubahan reformasi tersebut sehingga Balai Grafika Medan direvitalisasi menjadi Program Studi Diluar Domisili (PSDD) pada Politeknik Negeri Media Kreatif (PNMK) Jakarta, berdasarkan keputusan Mendiknas No.154/E/O/2011 tanggal 1 agustus 2011. Selanjutnya Balai Grafika Medan berganti nama menjadi Politeknik Negeri Media Kreatif Program Studi Diluar Domisili Medan atau biasa dengan sebutan Polimedia Kreatif PSDD Medan

Pada tahun ajaran 2011-2012 Polimedia Kreatif PSDD Medan mulai melaksanakan Penerimaan Mahasiswa Baru dengan dua program studi (prodi) yang dibuka yaitu, prodi Desain Grafis dengan Kode (90473) dan prodi Teknik Grafika dengan Kode (90475). Kedua prodi ini sudah mandiri namun secara kelembagaan masih dibawah Manajemen Polimedia Jakarta. Dalam perjalanannya di tahun 2012 bertambah satu prodi baru yakni program studi Desain Grafis Konsentrasi Multimedia. Hingga kini Polimedia Kreatif PSDD Medan memiliki tiga prodi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menempuh pendidikan tingkat diploma tiga (D3) dengan gelar Ahli Madya.