Desain Grafis

photo prodi design copy

 

Visi

Menjadi program studi yang unggul dan profesional di bidang Desain Grafis

Misi

  1. Menyiapkan SDM kreatif dan profesional di bidang desain grafis
  2. Melaksanakan program pendidikan dan pelatihan desain grafis berbasis Kompetensi produksi dan kewirausahaan
  3. Membentuk wirausahawan profesional, kreatif, dan mandiri di bidang Desain grafis.

Ikhtisar

Program studi Desain Grafis dirancang secara khusus untuk mencetak lulusan yang terampil dalam melakukan kreasi seni dan desain untuk kebutuhan industri kreatif, meliputi: perancangan logo, branding, bahan penerbitan, kemasan, literatur promosi dan media kehumasan. Program studi ini berupaya mencetak lulusan dengan profil Ahli Madya Desain Grafis yang berwawasan kewirausahaan dan teknologi. Mahasiswa akan mempelajari semua aspek teori baik media analog maupun digital yang terdapat pada desain buku, majalah, surat kabar, dan berbagai bentuk media komunikasi lainnya.

Kompetensi Lulusan

  • Mampu menciptakan dan mengangkat kekayaan kreasi lokal melalui desain grafis untuk diaplikasikan ke dalam industi, penerbitan, percetakan, periklanan, film, video, televisi, fasyen dan lain-lain guna mengangkat harkat dan jati diri citra seni budaya indonesia di mata internasional.
  • Mampu merancanakan dan mengelola usaha berbasis produksi dan kewirausahaan di bidang industri desain grafis.

Profil Lulusan

Lulusan program studi Desain Grafis di persiapkan menjadid Ahli Madya Desain Grafis yang memiliki keahlian mendesain berbagai media analog maupun digital untuk kebutuhan usaha atau industri kreatif di berbagai bidang.

Prospek Karir

Lulusan program studi Desain Grafis dapat bekerja dan berkarir sebagai Desainer Grafis, Direktur Seni, Editor Grafis, dan Wirausaha Desain Grafis.

Peluang Kerja

Peluang kerja lulusan program studi Desain Grafis, antara lain:

  1. Desainer Grafis di Repro House
  2. Desainer Grafis di Biro Periklanan
  3. Desainer Grafis di Penerbitan Buku, Majalah, dan surat Kabar.
  4. Desainer Grafis Perusahaan swasta atau instansi/ lembaga pemerintah
  5. Desainer Grafis di Media Penyiaran
  6. Desainer Grafis di Berbagai Event
  7. Desainer Grafis di Percetakan
  8. Sebagai wirausaha Desain Grafis.

Proses Pembelajaran

Mahasiswa akan menyelesaikan studi dalam enam semester bermutu keterampilan berjenjang. Semester I, memiliki muatan mata kuliah dasar. Semester II memiliki keterampilan membuat konsep stationery design. Semester III memiliki keterampilan membuat konsep publication Design, semester VI memiliki keterampilan membuat konsep Desain komunikasi. Semester V membuat portofolio tentang desain korporasi perusahaan. Semester VI membuat tugas akhir sesuai dengan peminatan. Untuk penguatan kompetensi kewirausahaan, mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata di lingkungan industri kretif yang di rancang dalam bentuk orientasi industri pada semester dua, Magang industi pada semester empat, dan praktik industri pada semester enam.