Author Archives: admin

  • 0
PJ 1

Drs. Salam Irianto Nadeak, M.Pd Terpilih Sebagai Penanggung Jawab Polimedia Kreatif PSDD Medan Periode 2018-2022

Category : Berita

Medan, 7 Feb 2018,  Sumber : Pusat Informatika PSDD Medan

Penanggung Jawab Baru bersama Direktur

PJ 2

PJ 3

PJ 5

PJ 6

Pada hari Selasa, 7 Februari 2018 telah berlangsung pemilihan pemimpin tertinggi di lingkungan Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Medan (Polimedia Kreatif Medan). Pemilihan ini dilaksanakan untuk memilih Penanggung Jawab sebagai pimpinan tertinggi di Polimedia Kreatif Medan yang telah habis masa kerjanya pada tahun 2017 lalu. Adapun Penanggung Jawab sebelumnya dijabat oleh Bapak Nasrudin, SH., M.AP telah selesai masa tugasnya pada tanggal 31 Desember 2017.

Proses pemilihan Penanggung Jawab Polimedia Kreatif Medan berlangsung dengan semangat kekeluargaan yang tinggi, hal ini dapat dirasakan pada saat berlangsungnya pemilihan. Dimulai dari proses awal pemilihan, dengan kegiatan sosialisasi pemilihan yang dilakukan oleh panitia pemilihan yang diketuai Ika Agustina, S.Pd., M.Hum pada hari selasa, 6 Februari 2018 (sehari sebelumnya). Kemudian keesokan harinya Rabu, 7 Februari 2018 dilanjutkan dengan melakukan penjaringan calon Penanggung Jawab sekaligus pada hari yang sama dilakukan pemilihan Penanggung Jawab Polimedia Kreatif PSDD Medan. Rangkaian proses seleksi calon Penanggung Jawab memunculkan tiga kandidat calon yakni, 1) Drs . Salam Irianto Nadeak, M.Pd, 2) Rommel Sinaga, S,Pd., M.Pd, 3) Murtopo, SE., MM.

Pada saat proses pemilihan Penanggung Jawab Polimedia Kreatif PSDD Medan, turut hadir Direktur Polimedia Kreatif Jakarta yakni, Bapak DR. Purnomo Ananto, MM ditengah-tengah para pemilik suara yang terdiri dari para Dosen Polimedia Kreatif PSDD Medan. Hal ini memberikan semangat positif bagi para pemilik suara dan para calon untuk mensukseskan acara pemilihan tersebut.

Saat penentuan untuk memilih para calon, suasana semakin menegangkan tetapi tetap berjalan dengan kondusif. Hal inilah yang menjadi nilai lebih bagi Polimedia Kreatif PSDD Medan, meskipun sedang terjadi persaingan tetapi rasa kebersamaan di antara pemilik suara (dosen) dan calon Penanggung Jawab tetap harmonis. Untuk diketahui Pemilik hak suara bersama para calon berjumlah 11 orang yang merupakan Dosen tetap PNS di Polimedia Kreatif PSDD Medan dan ditambah suara Direktur Polimedia Jakarta sebesar 35% dari jumlah total pemilih. Pada akhirnya pemilihan Penanggung Jawab selesai dilaksanakan dengan terpilihnya urutan pertama Drs. Salam Irianto Nadeak, M.Pd yang memperoleh suara sebanyak 9 suara, diikuti kedua Murtopo, SE., M.Si, dengan 7 suara, dan ketiga Rommel Sinaga, S.Pd., M.Pd dengan 1 suara.

Bapak Drs. Salam Irianto Nadeak. M.Pd resmi terpilih sebagai Penanggung jawab PSDD Medan periode 2018-2022 menggantikan Nasrudin SH., M.AP sebagai pejabat sebelumnya. Pada hari itu juga langsung dilaksanakan serah terima jabatan yang dipimpin oleh Bapak Direktur. Pada kesempatan itu Bapak Direktur berpesan kepada Penanggung Jawab terpilih untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya terutama untuk mencapai tujuan yakni menjadi Politeknik Negeri Baru (PTNB) yang mandiri dan berdiri sendiri. Tidak lupa pula Direktur menyampaikan untuk tetap bersatu dan merangkul seluruh civitas akademika untuk bahu-membahu memajukan Polimedia Kreatif PSDD medan.

Dengan terpilihnya Penanggung Jawab Polimedia Medan yang baru yaitu, Bapak Drs. Salam Irianto Nadeak, M.Pd, menyampaikan pidato yakni, kita semua harus berusaha bekerja keras demi perubahan untuk kemajuan kampus Polimedia Kreatif PSDD Medan. Diharapkan segenap civitas akademika segera bersatu kembali untuk bekerjasama memajukan kampus Polimedia yang kita cintai ini.


  • 0
PKM-M Pelatihan Kewirausahaan Dalam Bidang Fotografi

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK WARGA KARANG TARUNA DI BIDANG FOTOGRAFI

Category : Seputar Kampus

Tim PKM Polimedia mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi warga Karang Taruna dengan tema “Pelatihan Kewirausahaan Kepada Anak Putus Sekolah Dalam Bidang Fotografi”. Lokasi kegiatan PKM berada di Jl. Guru Sinumba No.6 Medan Helvetia kampus Politeknik Negeri Media Kreatif Medan,dan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari Senin, 19 Juni sampai dengan Selasa, 20 Juni 2017.

Acara PKM ini  dibuka oleh Bapak  Nasarudin, S.H., M.AP selaku Penanggung Jawab PSDD Polimedia Medan, dan dihadiri oleh anak-anak putus sekolah yakni dari Medan Johor serta Narasumber pelatihan tersebut. Dalam sambutan oleh Bapak Penanggung Jawab Polimedia Medan mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi Warga Karang Taruna dan semoga kedepannya dapat terus dilanjutkan dan saya berharap hubungan antara Mahasiswa Polimedia dengan Karang Taruna tidak hanya sampai disini  tetapi dapat dilanjutkan ke pasca kegiatan ini maupun kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi, maupun lainnya”.

Dalam laporan Muhammad Rizky Aulia Barus selaku Ketua Pelaksana Kegiatan PKM-M mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang diusulkan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Medan ke Kemenristek Dikti dan telah disetujui untuk dilaksanakan selama empat bulan dengan peserta 10 orang yang berasal dari Karang Taruna Medan Johor. Selanjutnya ketua panitia mengatakan materi pembelajaran meliputi Kewirausahaan, Pengenalan kamera dan teknik-teknik fotografi serta editing photo. Dalam penyampaian materi metode pengajarannya secara praktik ataupun secara simulasi dimana setiap 2 peserta pelatihan didampingi oleh satu orang panitia.

Selanjutnya ketua panitia  menyampaikan bahwa pelatihan ini berlansung selama dua hari namun bagi peserta yang merasa belum bisa ataupun mahir kami juga dapat memberikan pembelajaran sampai bisa karena kami (panitia) telah mengadakan kesepakatan dengan BAKAT GROUP yang dipimpin Bapak Ir. Syafrudin Siregar sekaligus sebagai narasumber materi kewirausahaan, bahwa beliau siap sedia diminta untuk membimbing dan mengajari peserta setelah acara pelatihan ini selesai yang beralamatkan di  Jalan Bunga Asoka Gang Amal No 7 Asam Kumbang Medan.

Harapan Tim PKM-M Polimedia dengan terselenggaranya kegiatan ini adalah agar kemudian kegiatan ini dapat berlanjut pada jenjang yang lebih serius sehingga menghasilkan pengusaha-pengusaha yang bekompeten dalam bidang Fotografi yang maju di masa mendatang. Dan kami juga berharap semoga kami dapat melanjutkan program ini ke jenjang berikutnya.

 

Sumber : Tim PKM Politeknik Negeri Media Kreatif Medan


  • 0

PENGENALAN SISTEM PENDIDIKAN POLITEKNIK (PSP2) POLIMEDIA KREATIF MEDAN TAHUN 2017

Category : Berita

DSC_0543

DSC_0517

DSC_0514

DSC_0565

DSC_0508

DSC_0611

DSC_0612

Pengenalan Sistem Pendidikan Politeknik (PSP2) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Medan (Polimedia Kreatif Medan) tahun ajaran 2017-2018 telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Tepatnya pelaksanaan PSP2 dilakukan selama tiga hari, yakni di mulai pada tanggal 28 s.d 30 Agustus 2017.

Kegiatan PSP2 secara resmi dibuka oleh Penanggung Jawab PSDD Medan yakni Nasrudin, SH., M.AP yang mewakili Direktur Polimedia Kreatif Jakarta. PSP2 bertujuan sebagai kegiatan awal para mahasiswa baru untuk mengenal beberapa hal seperti lingkungan kampus, sistem perkulihan, kurikulum pembelajaran, dan sebagainya.

PSP2 ini wajib di ikuti oleh seluruh mahsiswa baru yang diterima di Polimedia Kreatif Medan pada Tahun Ajaran 2017-2018 ini, dan ditambah oleh mahasiswa angkatan lalu yang tidak mengikuti kegiatan ini sebelumnya. Adapun mahasiswa baru yang mengikuti PSP2 ini totalnya 162 mahasiswa baru, terdiri dari Prodi Teknik Grafika sebanyak 16 mahasiswa, Prodi Desain Grafis sebanyak 74 mahasiswa, Prodi Desain Grafis Konsentrasi Multi Media sebanyak 70 mahasiswa, dan mahasiswa angkatan tahun sebelumnya sebanyak dua orang, jadi total keseluruhan yang mengikuti kegiatan PSP2 ini sebanyak 162 orang.

Pada kegiatan PSP2 tahun ini diharapkan mahasiswa dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus terutama untuk menghadapi perkuliahan di awal tahun ajaran baru. Melalui pesannya pada saat pidato penutupan kegiatan, Penanggung jawab Polimedia berharap kepada mahasiswa baru T.A. 2017-2018 dapat segera menyatu dengan lingkungan kampus dengan kegiatan perkuliahan serta unit kegiatan mahasiswa lainnya (UKM) yang telah ada dikampus Polimedia Kreatif Medan.

 

 

Sumber: Pusat Informatika Polimedia Kreatif Medan


  • 0
lomba-desain-di-malaysia

Mahasiswa Polimedia Kreatif Medan Memenangkan Lomba Desain Di Malaysia

Sumber : Prodi DG Konsentrasi Multimedia

 

Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Medan (Polimedia Kreatif Medan) memberangkatkan dua mahasiswanya yaitu Iqbal Maulana Pohan dan Adi Syahputra Lubis untuk menghadiri undangan dari Negara tetangga yaitu Malaysia dalam acara tahunan yang dibuat oleh Politeknik Port Dickson Malaysia pada tanggal 14-16 November 2016 dalam acara International Design Fest yang dilaksanakan di Negeri Sembilan.

Polimedia Kreatif Medan mendapatkan kesempatan dalam acara ini sebagai peserta International Design Fest karena adanya seorang Dosen yang sekaligus Kepala Program Studi Multimedia yang mendampingi kedua mahasiswa tersebut yaitu bapak Murtopo, SE, MSi. Beliau sebagai anggota aktif di dalam konsorsium antara Indonesia dan Malaysia yang mereka sebut dengan Konsorsium Manusea. Didalam konsorsium tersebut terdapat didalamnya perkumpulan beberapa instansi hingga sekolah kejuruan yang berdomisili di Malaysia dan Sumatera Utara.

Tidak hanya Polimedia Kreatif Medan saja yang ikut serta dalam perlombaan tersebut, tetapi ada beberapa instansi-instansi dari Sumatera Utara yang diantaranya STMIK Budi Dharma, STIM Sukma, Politeknik Ganesha, LP3I Medan serta SMK Tritech.

International Design Fest adalah acara tahunan bagi program Arsitektur Politeknik – Politeknik Malaysia. Program ini mengikutsertakan program diploma Arsitektur dan melibatkan berbagai komunitas serta institusi pendidikan swasta yang menjurus kebidang Arsitek, Desain, Multimedia dan Teknik Lainnya. Acara ini sudah memasuki tahun ke lima.

Tujuan program acara ini adalah mengutamakan kepada pelajar agar mendapatkan pengalaman yang luas. Program acara ini juga mengutamakan kepada seluruh pelajar Arsitektur diseluruh Politeknik Malaysia juga pelajar dari berbagai Komunitas dan Institusi Luar Negeri yang ingin bersatu, berbagi dan belajar satu sama lain. International Design Fest 2016 menekankan penghargaan kepada para pecinta seni dan juga yang dapat memanfaatkan alam dengan baik.

Pada acara ini banyak mengadakan beberapa ajang perlombaan seperti Booth Exhibition, Design Competition, Photography, Multimedia, Gift Art, Performance, Mural, Memanfaatkan Bahan – Bahan Bekas, Kreasi Pasir dan Gambar Manual. Diajang ini Polimedia Kreatif  Medan mengikuti dua perlombaan diantaranya  dibidang Desain Grafis yaitu Photography dan dibidang Multimedia yaitu Motion Graphic. Politeknik Negeri Media Kreatif  PSDD Medan memilih kedua perlombaan tersebut dikarenakan kampus ini memiliki kemampuan dibidang tersebut.

Pada lomba tersebut Politeknik Negeri Media Kreatif Medan mendapatkan peringkat 3 dalam lomba Photography, sedangkan Motion Graphic Politeknik Negeri Media Kreatif Medan belum memiliki kesempatan untuk meraih juara. Untuk keseluruhan instansi, Politeknik Negeri Media Kreatif Medan mendapatkan peringkat ke 3 Umum dalam penilaian kerja tim, sportifitas, disiplin dan ketelitian.

 


  • 0
foto-3

Wisuda Mahasiswa Polimedia Kreatif Medan Angkatan Ke-3 Tahun 2016

Category : Berita

Politeknik Negeri Media Kreatif PSDD Medan (Polimedia Kreatif Medan) melaksanakan Wisuda angkatan ketiga Tahun 2016 kepada 112 mahasiswanya pada hari Sabtu, 29 November 2016, di Hotel Emerald Garden Medan. Para wisudawan-wisudawati terdiri dari mahasiswa program studi Teknik Grafika sebanyak 17 mahasiswa, program studi Desain Grafis 47 mahasiswa, dan program studi Desain Grafis Konsentrasi Multimedia 48 mahasiswa.

Berikut beberapa dokumentasi dalam kegiatan Wisuda angkatan ke-3 Polimedia Kreatif Medan,

foto-6

foto-5

foto-1

foto-2

foto-7

foto-9

foto-8

foto-4